Friday 15 March 2013

masalah partial upgrade di ubuntu

zzz ... sekali lagi kesabaran saya diuji dengan masalah bertubi-tubi berkaitan dengan upgrade distro ubuntu. saya akan menceritakan hal ini dengan sedikit dramatis bin lebai seperti queen drama karena hampir seminggu ga kelar-kelar ni masalah. :)) *peras handuk penuh keringat

berawal dari precise pangoline yang LTS saya berencana meng-upgrade sistem operasi ubuntu di laptop ke quantal quetzal, secara bentar lagi bulan ke-4 tahun 2013 ubuntu 13.04 versi final akan segera release sesuai dengan jadwalnya. berpikir mumpung sekarang ada koneksi internet gratis dari telk*m, langsung aja di-upgrade ke quantal quetzal.

tapi petaka terjadi, proses upgrade stuck alias ga ada progres lagi di proses download flashplayer, dan akhirnya dengan sangat amat bijaksananya saya melakukan ctrl+c. proses upgrade terputus. it's bad news lah ya. tanpa berpikir panjang melakukan reboot dan masuk lagi ke dalam sistem. saya pun bertingkah cerdas dengan melakukan upgrade ulang. tapi yang terjadi update manager maupun synaptic package manager tidak mau dibuka dan setelah dibuka malah muncul peringatan "partial upgrade". setelah dicek, setengah precise setengah quantal.

masalah partial upgrade di ubuntu

wadezig
apalagi ini??

dan akhirnya saya klik tu button "partial upgrade" dan menunggu sampai proses upgrade selesai. tapi tapi tapi gak tahu apa yang telah saya lakukan secara detil sebelumnya, failed to load session "ubuntu".

what the ...

kemudian masuk recovery ubuntu, remove sana remove sini dan log in lagi, no desktop environment, unity ga muncul, ubuntu desktop ga ada (klik kanan pada background), dan hanya tampil kagaya's wallpaper. blank desktop.

sabar, sabar

dengan sangat lentik jari saya mengetik perintah untuk meng-upgrade ke raring ringtail, fyuh good girl yah?

tapi hasil tetap nihil, blank desktop.

masuk root versi recovery ubuntu lagi, utak-atik ke sana ke mari, reinstall ubuntu-desktop dan unity, remove compiz, kemudian black desktop, just cursor.

kemudian mencari cara lagi lewat google sampai akhirnya saya meng-install compizconfig-settings-manager dan compiz-plugins-extra.

secercah harapan, masalah kembali lagi ke failed to load session "ubuntu". setidaknya masalah black desktop ilang.

ternyata masalah failed to load session berkaitan dengan unity. dengan sedikit semangat back to root di recovery dan melakukan hal ini

# apt-get install unity-greeter
# apt-get install unity-2d
# apt-get install ubuntu-desktop

sepertinya unity-greeter mengembalikan fungsi unity di raring ringtail sehingga bisa tampil lagi seperti normal.

terakhir dihadapkan lagi dengan masalah partial upgrade, masalah paling awal.

ternyata ...
don't go too far!
jangan klik button "partial upgrade" karena bisa membuat sistem menjadi tidak stabil. hal ini bisa mengakibatkan beberapa package penting di-remove dari sistem dan contoh hasilnya adalah di atas, file unity menjadi korup.

buka terminal dan ketik perintah berikut ini :

# rm -rf /var/lib/apt/lists/*
# rm -rf /var/lib/apt/lists/partial
# apt-get update
# apt-get upgrade


well, everything's back to normal. it fixes partial upgrade issue.
no more partial upgrade warning. :)


Good Luck

No comments:

Post a Comment