Thursday 7 March 2013

update manager ubuntu bermasalah

langsung to the point aja, pas lagi upgrade ke oneiric ocelot lewat update manager, kirain koneksinya putus, makanya ku stop prosesnya. kemudian muncul yang menyatakan bahwa sistem kembali ke awal. setelah memastikan koneksi stabil, ku buka lagi update manager untuk melanjutkan misi upgrade, tapi yang terjadi malah muncul peringatan seperti di bawah ini.

update manager ubuntu bermasalah

bete pun lah aku. setelah sebelumnya bermasalah dengan password kerberos. -_____-'

karena lewat update manager bermasalah, akhirnya melakukan upgrade lewat terminal. akan tetapi, saya masih belum bisa melakukan upgrade.

Reading package lists... Error! 
E: Encountered a section with no Package: header 
E: Problem with MergeList /var/lib/apt/lists/id.archive.ubuntu.com_ubuntu_dists_natty_restricted_binary-i386_Packages 
E: The package lists or status file could not be parsed or opened.
kemudia saya mencoba melakukan update manager lewat terminal, tapi hasilnya nihil.

E:Encountered a section with no Package: header
E:Problem with MergeList /var/lib/apt/lists/id.archive.Ubuntu.com_ubuntu_dists_natty_restricted_binary-i386_Packages, E:The package lists or status file could not be parsed or opened.
subhanallah ...

setelah melakukan pencarian di google, saya menemukan solusinya, yaitu dengan melakukan remove ada package yang diunduh sebelumnya. karena terjadi interrupt, saya hentikan proses upgrade sebelumnya, pengunduhan dan pemasangan package menjadi tidak sempurna.
# rm /var/lib/apt/lists/* -vf
at last, saya bisa melakukan upgrade lagi lewat update manager maupun terminal.


Good Luck

No comments:

Post a Comment