Wednesday 6 March 2013

masalah password kerberos ubuntu

masalah password kerberos ini saya alami ketika akan mengganti password user dan root di ubuntu. current password yang saya ketikkan salah terus padahal belum diganti. ya mana bisa passwordnya diubah. lalu, beralih ke terminal. saya pun meminta bantuan mr google seperti biasa.

masuk root :
$ sudo su

ganti password root :
# passwd root
-- masukkan password baru
-- successfully

pas buka terminal lagi, masuk root, eh tapi passwordnya masih yang lama, berulang kali sampai deserado, padahal saya butuh password baru yang simple untuk melakukan upgrade ke 11.10 berhubung keyboard laptop saya rusak T___T

kemudian saya mencoba mengubah password user eh tapi yang muncul :
Current Kerberos password:

ya mana ku tahu passwordnya kalau lupa -______-'
kalau diingat-ingat, terakhir mainan kerberos a.k.a kadmin itu pas zaman ngerjain tugas akhir pas nginstall strongswan, tapi ga jadi dipake gara-gara ribet.

back, jadi apa password kerberos saya? mencoba menebak, tapi gagal terus :
passwd: Authentication token manipulation error
passwd: password unchanged

buka lagi google, tapi solusi yang diberikan terlalu rumit, gue belum butuh itu semua.

akhirnya dapat juga solusi dari berbagai solusi, yaitu melakukan remove pada package kerberos. tinggal ketik di terminal :
# apt-get remove --purge libpam-krb5

rebes semua masalah :))

sekarang tinggal mengganti password user saya :
# passwd nama_user_saya
-- masukkan password baru

oiya, kebanyakan cara mengganti password user di ubuntu melalui ubuntu yang recovery, tapi sebenarnya tidak perlu. :)



Good Luck

No comments:

Post a Comment